• Forward To Serving Better

  • Menuju Pelayanan yang Lebih Baik

  • Melayani Sepenuh Hati

  • Menuju Labuhanbatu Sehat 2020

  • Labuhanbatu

Copyright 2018 - RSUD Rantauprapat

Sejarah

RSUD Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu didirikan tahun 1957 dan merupakan satu-satunya rumah sakit Pemda Tk. II Labuhanbatu yang terletak di kota Rantauprapat. Awalnya rumah sakit ini terletak di jalan Cut Nyak Dien kecamatan Bilah Hulu.

Pada tahun 1964 rumah sakit pindah lokasi ke jalan K.H. Dewantara No. 129 kecamatan Bilah Hulu (Sekarang Kecamatan Rantau Selatan) hingga saat ini. Bangunan RSUD Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu berdiri diatas area seluas ± 2,3 Ha. Direncanakan di tahun 2014 mendatang, pindah ke lokasi baru yang berada di jalan H. Adam Malik dengan luas ± 5,4 Ha.

Sejak tahun 1980 sampai dengan 1987 secara bertahap telah ditempatkan 4 (empat) Tenaga Dokter Spesialis Dasar (Penyakit Dalam, Obgyn, Bedah dan Anak). Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan seperti pengadaan peralatan medis dan non medis serta sarana fisik lainnya yang bersumber dari dana APBD, APBN maupun bantuan.

Berbagai hal di atas merupakan upaya dari pihak Rumah Sakit untuk memperoleh Rumah Sakit kelas C. Pada tahun 1987 berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 303/Menkes/IV/1987, RSUD Rantauprapat ditetapkan sebagai Rumah Sakit kelas C. Di tahun 2009, melalui keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 373/Menkes/SK/V/2009 tanggal 13 Mei 2009 RSUD Rantauprapat memperoleh peningkatan dari kelas C menjadi kelas B Non Pendidikan.

Berdasarkan peraturan daerah nomor 04 tahun 2002 RSUD Rantauprapat berubah status menjadi lembaga teknis daerah yang dipimpin oleh seorang kepala badan dengan nama Badan Pengelola Rumah Sakit Umum (BPRSU) Rantauprapat. Dengan berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 BPRSU Rantauprapat berubah lagi menjadi Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang namanya berubah menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 32 tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 36 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Labuhanbatu, maka struktur organisasi dan tata kerja kelembagaan RSUD Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu mengalami perubahan lagi. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut meningkatnya Kelas Rumah Sakit menjadi Kelas B Non Pendidikan. Saat ini RSUD Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu dipimpin oleh seorang Direktur yang menduduki jabatan eselon II.B.

Upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa terus dilakukan. Penambahan alat-alat medis dan non medis serta pengiriman SDM mengikuti pendidikan dan pelatihan maupun pelaksanaannya dilingkungan RSUD Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM terus dilakukan secara berkesinambungan dan komprehensif. Hal tersebut tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dalam hal ini pihak manajemen bersama-sama kepala SMF dan Instalasi serta tenaga lainnya merencanakan berbagai program dan kegiatan untuk memanfaatkan pengelolaan dana yang tersedia agar lebih optimal.

Dari segi standar pelayanan, sejak tahun 2004 RSUD Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu telah memperoleh 5 (lima) akreditasi pelayanan. Tahun 2008 memperoleh akreditasi 12 (dua belas) pelayanan dari Departemen Kesehatah RI melalui Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Kegiatan akreditasi terus direncanakan dan diprogramkan, sehingga diakhir tahun 2011 RSUD Rantauprapat kabupaten Labuhanbatu meraih akreditasi 16 (enam belas) pelayanan dan di tahun 2013 RSUD Rantauprapat menjadi Badan Layanan Umum Daerah dan Tahun 2016 RSUD Rantauprapat persiapan mengikuti Akreditasi Versi 2012.

Dengan luas bangunan rumah sakit ± 5.532 m2 dan jumlah tempat tidur 225 buah RSUD Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

RSUD Rantauprapat adalah Rumah Sakit Kelas B Non Pendidikan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu, yang dibentuk dengan SK Permenkes No. 373/Menkes/SK/V/2009 tanggal 13 Mei 2009 tentang Peningkatan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu.

Semakin kompleks dan rumitnya manajemen keuangan rumah sakit dan tuntutan perubahan pola manajemen keuangan rumah sakit ke arah Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) sesuai dengan amanat PP Nomor 58 tahun 2005 dan Permendagri Nomor 61 Tahun 2007. Pola pengelolaan dengan model PPKBLUD menjadi solusi bagi peningkatan mutu pelayanan rumah sakit, karena fleksibilitas pengelolaan keuangan akan memicu kreativitas dalam menciptakan varian pelayanan yang semakin bermutu, guna meraih setiap peluang dan potensi yang ada.

RSUD Rantauprapat telah menjalankan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) - BLUD Surat Keputusan Bupati Labuhanbatu nomor : 900/01/DPPKAD/2013 tanggal 3 Januari 2013 tentang Penetapan Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) Penuh

Kontak

RSUD Rantauprapat

  • Telepon: 62421228
  • Alamat: Jalan Kh Dewantara 129 Rantau Prapat
  • Lokasi: Labuhan Batu, Sumatera Utara
  • Tipe: Negeri
f t g m